Rabu, 11 Maret 2015

20 Ciri Khusus Hewan

20 Ciri Khusus Hewan

Setiap hewan memiliki ciri-ciri khususnya masing-masing. Ciri-ciri tersebut tidaklah lain bertujuan untuk melindungi dirinya dan menyesuaikan dirinya. Perbedaan ciri khusus hewan disebabkan oleh perbedaan iklim dan keadaan habitatnya. Nah, berikut adalah beberapa macam ciri khusus pada hewan. Langsung saja kita simak yang pertama:
  1. Zebra: Tubuh zebra terdapat pola belang hitam putih yang bertujuan untuk membingungkan predator yang ingin mengejarnya.
  2. Kelelawar: Dapat terbang di malam hari dengan mengandalkan telinga dan suara ultrasonik.
  3. Laba-laba: Laba-laba mampu membuat sarang seperti jaring di ranting pohon. Selain sebagai tempat tinggal, sarang tersebut berguna untuk menangkap mangsa seperti capung.
  4. Cicak: Cicak dapat merayap untuk mendapatkan mangsanya yaitu nyamuk berkat telapak kakinya yang seperti perekat.
  5. Jerapah: Jerapah memiliki leher yang panjang sehingga dapat meraih daun yang berada sangat tinggi.
  6. Bebek: Bebek dapat mencari makanan di dalam lumpur. Itu karena kaki-kakinya yang berselaput dan paruhnya yang tidak terlalu runcing.
  7. Sigung: Sigung memiliki alat pertahanan yang unik. Jika dia merasa terancam, maka sigung akan mengeluarkan bau yang sangat menyengat sehingga membuat predator kabur.
  8. Bunglon: Bunglon memiliki kemampuan untuk mengubah warna tubuhnya menyesuaikan warna bidang yang diinjaknya supaya dapat mengelabui pemangsa. Kemampuan ini disebut mimikri.
  9. Kalajengking: Kalajengking memiliki sengatan yang sangat beracun untuk melawan musuhnya.
  10. Ikan Penyumpit: Ikan penyumpit menangkap mangsa berupa serangga dengan cara unik, dia menyemburkan air tepat mengenai mangsa sehingga mangsa jatuh ke air dan memudahkan untuk menangkap mangsa tersebut.
  11. Ular berbisa: Ular berbisa memiliki bisa (racun) yang dapat membunuh seseorang yang mengganggunya atau ingin memangsanya.
  12. Beruang kutub: Beruang kutub memiliki bulu yang sangat tebal untuk melindungi dirinya dari cuaca yang sangat dingin.
  13. Unta: Unta memiliki kemampuan untuk bertahan tanpa air selama berhari-hari. Itu karena unta memiliki punuk yang mampu menyimpan banyak cadangan air. Ketika unta menemukan sumber air, dia akan minum sebanyak-banyaknya.
  14. Elang: Elang memiliki penglihatan yang sangat tajam sehingga mampu mendeteksi mangsa dari jarak jauh.
  15. Burung hantu: Sama seperti kelelawar, burung hantu juga memiliki kemampuan untuk mencari mangsa di malam hari. Burung hantu dibantu oleh penglihatannya yang peka terhadap cahaya dan indra pendengarannya yang sangat kuat.
  16. Landak: Landak melindungi diriya dengan cara menunjukkan duri pada tubuhnya sehingga pemangsa akan takut.
  17. Kangguru: Kangguru memiliki keunikan dalam hal merawat anaknya, yaitu menaruh anaknya di dalam sebuah kantong di bagian depan perutnya. Di kantongnya terdapat kelenjar susu dan menjadi sumber makanan selama anaknya berada di kantong induknya.
  18. Walang sangit: Sama seperti sigung, walang sangit juga mengeluarkan bau yang sangat menyengat untuk mempertahankan diri.
  19. Kura-kura: Kura-kura memiliki cangkang yang sangat kuat. Cangkang tersebut digunakan untuk menjaga diri dari bahaya predator.
  20. Belut listrik: Belut listrik memiliki sengatan listrik yang sangat kuat sehingga dapat melumpuhkan mangsa atau pemangsa.

0 komentar:

Posting Komentar